Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

VISI DAN MISI

 

Visi

Dalam menghadapi tantangan otonomi desa menuju desa yang maju dan mandiri maka masyarakat Desa Candiroto melalui para pemangku kepentingan pembangunan desa mempunyai harapan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Harapan ini dirumuskan dalam Visi Desa Candiroto tahun 2014-2019 yaitu “DESA CANDIROTO YANG AGRARIS BERWAWASAN LINGKUNGAN, MEMILIKI MASYARAKAT AGAMIS, BERBUDAYA, DAN SEJAHTERA DENGAN PEMERINTAHAN YANG BERSIH”.

Visi ini mengandung makan bahwa:

  1. Desa yang “AGRARIS BERWAWASAN LINGKUNGAN“ adalah suatu desa yang secara ekonomi masyarakatnya bertumpu pada sektor pertanian sebagai penggerak utama perekonomian desa dan tumpuan kehidupan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan peningkatan kualitas lingkungan hidup.
  2. “AGAMIS“ adalah suatu kondisi dimana dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terpenuhinya kebutuhan jasmani masyarakat Desa, juga terpenuhinya kebutuhan rohani dengan sikap dan akhlak mulia yang sesuai dengan pemahaman, penghayatan ajaran agama dan didukung kebebasan menjalankan ajaran agama serta toleransi antar pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga seluruh proses pembangunan yang dilaksanakan berdasarkan norma-norma agama.
  3. “BERBUDAYA“ adalah suatu kondisi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan memiliki budaya sehat, budaya peduli pendidikan, budaya kebersihan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan perumahan dan budaya peduli atas lingkungan sosial kemasyarakatan dan kebudayaan yang berkembang di masyarakat.
  4. “SEJAHTERA“ adalah tercukupinya kebutuhan pokok lahiriah dan batiniah bagi masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas kehidupan ekonomi masyarakat desa yang layak dan bermartabat karena terpenuhinya kebutuhan ekonomi, sosial, budaya, politik dan pertahanan dan keamanan.
  5. “PEMERINTAHAN YANG BERSIH“ adalah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme sesuai dengan arah pelaksanaan reformasi birokrasi.

 

Misi

Dalam mewujudkan visi “Desa Candiroto yang Agraris Berwawasan Lingkungan, Memiliki Masyarakat Agamis, Berbudaya, dan Sejahtera Dengan Pemerintahan yang Bersih” maka langkah-langkah atau upaya yang akan dilaksanakan  dirumuskan dalam Misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan perekonomian desa dengan pertanian yang memberdayakan ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan desa yang berwawasan lingkungan;
  2. Mewujudkan kualitas iman dan taqwa melalui pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, dan peningkatan fasilitas kehidupan beragama;
  3. Meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa dalam menggerakkan dan menumbuhkembangkan swadaya dan gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa;
  4. Mewujudkan ketersediaan dan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dasar pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya tanpa meninggalkan kearifan lokal;
  5. Meningkatkan pelayanan masyarakat dengan pemerintahan yang bersih, transparan, tidak KKN, dan berorientasi pada pelayanan publik.

 

Arah Kebijakan

 

Berdasarkan hasil Pengkajian Keadaan Desa yang merupakan proses penggalian dan pengumpulan data tentang keadaan masyarakat, masalah, dan potensi maka diperoleh beberapa kegiatan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh desa.

Hasil pengkajian-pengkajian tersebut telah dirumuskan didalam RPJM Desa Candiroto tahun 2014 – 2019. Kegiatan tersebut  merupakan kebutuhan desa yang harus  dilaksanakan  dalam kurun waktu 6 (enam) tahun dengan  mempertimbangkan potensi, kemampuan keuangan desa, dan kewenangan desa.  Kegiatan tersebut meliputi  kegiatan yang direncanakan untuk didanai dari swadaya atau sumbangan pihak ketiga, APB-Desa, dan  Kegiatan yang diusulkan untuk didanai dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, serta APBN dalam program-program  khusus.

Dalam mewujudkan visi diperlukan langkah-langkah strategis/terobosan dengan menggunakan strategi yang mempertimbangkan  potensi pendukung   balk  internal yang ada di desa maupuan potensi eksternal.  Strategi yang  dirumuskan  adalah    sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan, jembatan serta infrastruktur strategis lainnya, dengan tujuan :
  2. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana perekonomian desa.
  3. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan pelayanan kesehatan desa.
  4. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan.
  5. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana bidang pemerintahan.

Strategi untuk mencapai tujuan-tujuan diatas adalah :

  1. Meningkatkan pembangunan sarpras ekonomi.
  2. Meningkatkan pembangunan sarpras pertanian dalam arti luas.
  3. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarpras pendidikan.
  4. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarpras di bidang pemerintahan.
  5. Meningkatkan pembangunan d bidang kesehatan untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat agar dapat bekerja lebih optimal dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang, dengan tujuan :
  6. Meningkatkan derajat kesehatan dan gizi masyarakat.
  7. Meningkatkan optimalisasi kesehatan masyarakat.

Strategi untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan bagi penduduk miskin.
  2. Meningkatkan usaha promosi dan pencegahan penyakit.
  3. Meningkatkan peran serta pemberdayaan masyarakat.

 

  1. Meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih baik, dengan tujuan-tujuan :
  2. Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan.
  4. Meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda di berbagai bidang pembangunan.
  5. Meningkatkan budaya dan prestasi olahraga pada masyarakat.

Strategi untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan fasilitas bantuan operasional satuan pendidikan yang ada di desa.
  2. Meningkatkan fasilitas bantuan operasional di bidang pendidikan, pembinaan pemuda dan olahraga.
  3. Meningkatkan fasilitas bantuan operasional dan pelatihan di bidang kesenian budaya
  4. Meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana belajar masyarakat.
  5. Meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya pembangunan di bidang pertanian dalam arti luas, industri, perdagangan dan pariwisata, dengan tujuan-tujuan :
  6. Meningkatkan produksi pertanian dalam arti luas.
  7. Meningkatkan pemasaran hasil produksi pertanian dalam arti luas.
  8. Meningkatkan pemberdayaan para pelaku usaha pertanian dalam arti luas.
  9. Meningkatkan penguasaan ketrampilan dan pembinaan pelaku usaha industri, perdagangan dan pariwisata.

Strategi untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan ketrampilan SDM petani dalam arti luas dalam upaya peningkatan produksi.
  2. Meningkatkan pendampingan petani untuk menjadi mitra usaha dengan pelaku perdagangan.
  3. Meningkatkan kerja sama pemerintah desa dengan investor guna pengembangan agrowisata.
  4. Meningkatkan peran pasar lokal serta jejaring kemitraan serta promosi dan akses pemasaran bagi petani.
  5. Meningkatkan penyediaan sarana irigasi melalui
  6. Menyediakan dan mengenalkan teknologi tepat guna untuk menolah hasil-hasil pertanian

 

  1. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan demokratisasi, transparansi, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat, dengan tujuan-tujuan :
  2. Meningkatkan pelayanan bidang pemerintahan kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas demokratisasi di desa.
  4. Meningkatkan transparansi dan rasa keadilan serta ketertiban masyarakat.

Strategi untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah desa dan etos kerja birokrasi.
  2. Meningkatkan kesempatan dan peran serta secara aktif pengawasan masyarakat (control public)
  3. Meningkatkan transparansi, partisipasi dan akuntabilitas perencanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan termasuk keuangan desa.
  4. Mengupayakan pelestarian sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan pembangunan guna meningkatkan perekonomian, dengan tujuan-tujuan :
  5. Meningkatkan pengendalian perencanaan dan perusakan lingkungan hidup.
  6. Meningkatkan upaya perlindungan  dan konservasi sumber daya alam.

Strategi untuk mencapai tujuan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan sumber daya alam.
  2. Mengoptimalkan peran serta masyarakat terutama organisasi masyarakat peduli lingkungan.
  3. Pengembangan wilayah strategis dan cepat tumbuh untuk memacu pertumbuhan di seluruh wilayah dengan karakteristik masing-masing.

 

Dalam melaksanakan beberapa strategi diatas maka untuk mewujudkan visi "Desa Candiroto yang Agraris Berwawasan Lingkungan, Memiliki Masyarakat Agamis, Berbudaya, dan Sejahtera Dengan Pemerintahan yang Bersih" melalui 5 misi yang telah ditetapkan, maka arah kebijakan yang dituju secara rinci adalah sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan, jembatan serta infrastruktur strategis lainnya, dengan empat tujuan diatas, maka arah kebijakan yang akan dituju antara lain :
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas jalan dan jembatan.
  3. Meningkatkan sarpras ekonomi pertanian dalam arti luas, perdagangan, industri &, pariwisata.
  4. Meningkatkan sarana prasarana kesehatan.
  5. Meningkatkan sarana prasarana pendidikan.
  6. Meningkatkan sarana prasarana bidang pemerintahan.
  7. Meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat agar dapat bekerja lebih optimal dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang dengan dua tujuan diatas, maka arah kebijakan yang akan dituju adalah sebagai berikut :
  8. Meningkatkan upaya pelayanan kesehatan secara profesional.
  9. Meningkatkan standar pelayanan minimal di bidang pelayanan kesehatan.
  10. Meniningkatkan sarana prasarana kesehatan masyarakat
  11. Meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih baik, dengan empat tujuan diatas, maka arah kebijakan yang ditempuh meliputi :
  12. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di semua jenjang pendidikan.
  13. Meningkatkan kualitas proses pendidikan dan produk lulusan pendidikan.
  14. Meningkatkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam bidang pendidikan,  pembinaan pemuda dan olahraga.
  15. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan masyarakat
  16. Meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya pembangunan di bidang pertanian dalam arti luas, industri, perdagangan dan pariwisata, dengan empat tujuan didepan, maka arah kebijakan yang diambil antara lain :

 

 

  1. Meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk unggulan.
  2. Meningkatkan kemampuan pengolahan lahan, teknik budidaya, pengolahan pasca panen, dan pemasaran serta kemitraan.
  3. Meningkatkan penyediaan pupuk dan sarana produksi pertanian.
  4. Menguatkan kelompok tani, Bumdes, lembaga keuangan mikro untuk modal petani, dan kelembagaan ekonomi lainnya yang berbasis ekonomi masyarakat.
  5. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan demokratisasi, transparansi, penegakan hukum, berkeadilan, kesetaraan gender dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat, dengan tiga tujuan diatas, maka arah kebijakan yang akan dituju adalah :
  6. Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintahan desa sesuai kompetensi yang dibutuhkan.
  7. Meningkatkan transparansi, partisipasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.
  8. Meningkatkan tata kelola pemerintahan desa.
  9. Meningkatkan pelayanan kualitas pelayanan publik di berbagai bidang pelayanan.
  10. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang demokratis.
  11. Meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan.
  12. Mengupayakan pelestarian sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dan pemerataan pembangunan guna meningkatkan perekonomian, dengan dua tujuan diatas maka arah kebijakan yang akan dituju adalah :
  13. Meningkatkan pengawasan dan pengendalian pencemaran lingkungan hidup.
  14. Meningkatkan kelestarian lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam
  15. Mewujudkan kondisi wilayah Desa Candiroto yang lebih hijau (dominasi vegetasi) dan tersedianya sumber daya air yang lebih baik.

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Peta Lokasi Candiroto

tampilkan dalam peta lebih besar